22.10.12

MIMPI UNTUK MAMA


dari TK kalo ditanya soal cita cita pasti gue ga tau mau jawab apa, temen temen bermimpi besar, ada yang mau jadi dokter, guru, pilot, astronot (gile men) , presiden, pemain bola, koruptor (belom jaman sih pas gue TK). awalnya gue mikir simple, ah masi kecil ini, nanti juga ketemu sendiri. akhirnya sampe SMA pun gue ga tau cita cita gue dibidang profesi tuh apa. kata guru gue semua harus punya cita cita, nah gue ga kepikiran mau jadi apa, jadi ibu rumah tangga yang baik iya kali. yang pasti pasti aja gitu...

yap gue emang ga punya cita cita dibidang profesi tapi gue punya mimpi dan keinginan yang begitu besar dalam hidup ini. bisa di bilang inilah cita cita gue.

di tengah politik dan ekonomi yang kejam membuat gue melihat kenyataan betapa beratnya kedua orang tua gue bekerja selama ini demi anak anaknya. bisa di bilang semua semuanya lebih banyak di urus sama mama, dari mulai listrik, PBB, telfon, sekolah, beras, lauk, makan, jajan semua di cari mama dengan banting tulang, hujan keringet dan nangis nangis. Beliau bukan orang yang berpendidikan tinggi, hanya lulusan sekolah dasar. bukan juga seseorang yang menghabiskan masa kecilnya dengan hidup enak, beliau terpaksa berhenti sekolah karna harus mengurus adiknya yang saat itu ditinggal emak(nenek) minggat. dari kecil dia uda kerja, di bengkel sepeda, ngerakit sepeda dari gaji 2ribu perbulan sampe 25ribu per bulan.. ( machoo kan.. )
well, intinya hidupnya semasa kecil begitu sulit dan dia bercita cita, suatu saat anaknya ga boleh ngerasain seperti yang dia rasain dan anaknya HARUS JADI ORANG! (emang selama ini anaknya monyet ya ma? jelas jelas manis begini )

yap, dia memang hanya lulusan sekolah dasar tapi gue mengakui dia memang begitu pintar. dia pintar dalam mengolah uang, dia pintar mempengaruhi orang lain, dia pintar mengurus rumah tangga, dia pintar memasak, dia periang dan jago memecah suasana. dan yaa dia tidak mau anak anaknya merasakan seperti yang dia rasakan. dia mendidik anaknya dengan cukup keras, sehingga ga ada yang berani ngelawan, kalo marah mukanya dilipet sepuluh terus dijadiin origami bentuk burung bangau. super jutek dan menyeramkan.. (yaa nurun sih jadi muka gue..) tapi dibalik marahnya anaknya ga bisa apa apa, karna itu semua buat kebaikan anak anaknya juga.

dari kecil gue sekolah di sekolah swasta katolik, yang biaya tiap bulannya juga ga murah ditambah biaya gedung dan daftar ulang, terus ditambah biaya buku, seragam dan tetek bengeknya. TK - SD pulang pergi diantar antar jemput. Dia mau anak nya tumbuh berkualitas, disiplin, di tengah tengah orang yang baik, supaya bergaulan dan bertumbuh juga jadi anak yang baik dan berkualitas. (bukan maksud sekolah lain itu ga berkualitas, tapi survei mengatakan sekolah swasta katolik memang dididik lebih disiplin daripada sekolah lainnya)

gue sering liat nyokap nangis ketika dia benar benar lelah, gue tau dia begitu lelah dan capek, walau bukan single parent tapi terkadang yang gue liat ya cuma beliau yang berjuang. banting tulang buat 3 anaknya yang "ga bisa apa apa". NO  "BELUM bisa apa apa"
kerjanya saat ini, berjualan juice di salah satu rumah makan padang di lorong kaki lima di JCC setiap ada pameran atau event 5000 per gelas. (pokoknya yang jual jus cuma satu, mama saya, kalo yang jual ga sipit berarti itu temennya, berarti si mama lagi bantu jualin nasi padangnya ato jaga kasir, ato lagi pipis..jangan lupa mampir, biasa di jual 8000 per gelas sama restaurantnya. enak, kental dan sehat!!! #mendadakpromosi). awalnya dia nangis, di malu disuru jualan kaya gitu, dulunya bertahun tahun kerja kantoran di garment milik salah seorang saudara. Jadi bener bener kaget banget disuru kerja jualan kaya gitu. tapi sekarang mama jadi seneng karna punya banyak teman. :) Puji Tuhan..

kadang gue suka tidur sama nyokap, dan saat dia berdoa sambil bisik2 sama Tuhan, gue bisa denger dia sebut nama gue sambil nangis dan guepun jadi nangis juga.. She never forget to pray for her child.. padahal gue suka nakal dan ga nurut :(

sampai akhirnya cita cita gue terfokus pada satu hal, gue mau membahagiakan orang tua, khususnya mama.. setiap ada yang nanya, cita cita gue apa, gue jawab, bahagiain orang tua.

bahkan dulu dalam keadaan ga sadar akibat otak lagi ga sinkron gue pernah bilang ga mau nikah sampe bisa bikin mama bahagia. well, kata pak dosen hati hati dengan mulutmu. jadi ya liat nanti ya..

gimana cara bahagiain mama?

sebenernya mama bahagia kalo liat anaknya bahagia, mama mau anaknya sukses, entah sukses sendiri apa sukses cari suami yang sukses, yang penting sukses. Mama bahagia kalo bisa mamerin anaknya, "ini lhoo anak gueee yang gue urus dari kecil, gue kasi makan, mandiin, sekolahin sampe pinter, uda jadi orang.." (ya jiwa pamer ibu ibu ada dalam darah nyokap gue)

terkadang mama bersikap matre, pilih pilih kalo anaknya mau pacaran, khususnya anak yang di tengah yaitu gue. entah kenapa mama paling rempong kalo anaknya yang ini mulai deket sama cowo. kalo ga sama anaknya gubernur dia masih mikir keras 100x. (yakali cil) mungkin karna anak yang ini paling kalem, imut, manis, setia dan kalo pacaran lama jadi dia khawatir kalo anak nya sala pilih terus jadi terus terus terus ya gitu lah.. kalo yola kan pacaran uda 18 kali, si mama uda bosen kali toh anaknya ga pernah serius dan waktunya masih panjang.. apalagi si koko anak cowo, ya bodo amat lah. yang paling rentan ya anaknya yang tengah ini. yang paling di banggakan dan di harapkan sekeluarga.. (hal ini sedikit menjadi beban sih)

dulu gue benci banget sama sifat mama yang satu itu, bahkan sering ribut, tiap hari ribut. diem dieman.. gue ga suka orang yang melihat sesuatu dari materi, suku atau ras.. menurut gue semua sama.. tapi banyak kanan kiri menasehati dan buat gue sadar.. mama hanya mau anaknya bahagia. ga belangsak, ga ngerasain hidup kaya dia, mama hanya gamau nantinya anaknya nikah sama orang, lalu ngerasain kaya yang dia rasain, banting tulang buat cari nafkah keluarga. mama hanya mau liat anaknya seneng, makan enak, hidup nyaman. well kebahagiaan memang ga selamanya dari materi, tapi buat mama yang uda ngerasain asam manis kecut bau keteknya dunia bahagia itu butuh materi. yaa persepsi setiap orang memang beda beda, dan gue ga bisa menyalahkan pola pikir mama yang konsentrasi dan cita citanya kesitu, semua orang juga berhak bermimpi besar kan :)

mama ga minta apa apa dari anaknya, dia hanya minta anaknya jadi sukses.

jadi mimpi gue bukan ingin meLANJUTkan mimpi mama, kalo gue ngelanjutin mimpi mama berarti gue bermimpi buat anak gue sedangkan gue akan menjalani hidup seperti mama.
Mimpi gue ingin meWUJUDkan mimpi mama. buat beliau bahagia.

sekarang uda banyak banget yang beliau kasi kan jadi gue juga punya mimpi sendiri buat beliau kalo mimpi beliau sudah berhasil di wujudkan..

pertama, ajak mama melihat dunia..
sepanjang hidupnya di habiskan untuk bekerja bekerja bekerja. uang uang uang, yang penting anaknya makan enak walau dia harus ga makan. jarang punya waktu untuk diri sendiri apa lagi jalan jalan. sedangkan gue? jalan muluuuu..
jadi gue ingin mengajaknya melihat dunia.. keliling indonesia dan keluar negri :)

kedua, buka lapangan usaha sendiri.
yaaa ini sih kalo umur masi mencukupi, ah ngga deh biar uda tuapun tetep dibuatin. gue pengen buka restaurant atau toko. si mama pinter masak, jago dagang, dan dari dulu pengen banget punya restaurant. yaa kalo dah tua ya bayar orang aja, apa bayar anaknya, anaknya kan punya temen chef banyak, chef rani, chef pipit, chef putu, banner resaurant di pegang erian, web delivery order sama winny, satpam bisa sewa ius, buat lukisan lukisan disekitar restauran bisa beli sama gue terus balik modal deh (lah kok jadi nyokap suru beli ke gue -.-) #mulaingawur

ketiga, natalan keluarga sendiri.
selama ini natal dirumah ya biasa aja, kaya hari biasa, kalo imlek mah ga heran, walau kedua orang tua saya masi chinesse tapi emang ga pernah imlekan, jadi ga dapet duit.. tapi kalo natal, sedih aja huhuhu.. pengen punya rumah bueesaaarr, lalu buat natalan keluarga disana, keluarga yola, keluarga koko, undang besan2 mama, mertua, sepupu, ponakan, cucu cucu mama dikumpulin dalam satu rumah.. ahhh itu cita citaaaa saya yang sangaaaaaaaaat ingin diwujudkan. yaa kalo rumahnya ga besar besar amat ya insyaAllah tetep dibuat tuh natalan bersama keluarga besar, karna uda di omongin juga sama si yola. NO NO rumahnya suatu saat mesti BESAAARR. paling ga halamannya luas buat bikin garden party, dengan candle dimana mana. titik.

kempat kelima keenam... masih banyak banget yang kadang kalo lagi pup tuh kepikiran gimana cara membahagiakan mama.. tapi lupa sekarang..

ya mama saya buat kalian memang bukan siapa siapa, dan tidak berarti apa apa,  tapi buat saya beliau yang terhebat yang saya punya.. pasti sama seperti mama kalian dihati kalian masing masing.. :)

mama semakin tua, dan itu tandanya gue harus lebih bekerja keras supaya mimpi ini lekas terwujud, karna kalo uda terlalu tua juga kan malah ga bisa diajak jalan melihat duniaa..
semoga hal ini bukan cuma jadi mimpi dan cita cita buat mama.. tapi bisa diwujudkan segera.
.AMIN AMIN AMIN.



well air mata tak tertahankan ketika menulis blog ini..
thanks for reading my dream for mama :)
Tuhan berkati kalian semua.

:') LOVE YOU MAMAAAAAAA

8 comments:

  1. God bless your family, especially you mother :), baca postingan ini jadiin aku makin bersemangatt! ! Thank you :)

    ReplyDelete
  2. amin amin cil.
    semoga dapet yang terbaik buat kalian. :')

    asik asik ada yang udah semangat tuh. :p

    kayak orang gila ini gw baca dari terharu sampe nyengir-nyengir sendiri. hahaha


    ReplyDelete
  3. gue baca ini di metro mini sambil menunggu kemacetan jakarta.
    dari berkaca-kaca sampe senyum-senyum sendiri.
    semoga ngga dibilang gila sama orang satu metro.

    ayo cicil, semangat mewujudkan mimpi mamanya dan buat mamanya bahagia :)

    ReplyDelete
  4. wow, nice..

    Well, mirip2 nih kisah hidupnya.. hahahaha.. but i love my parents not only mama.. karena mereka orang yang ga berpendidikan tapi mampu bersaing dengan orang berpendidikan.. :D

    Hampir 3 tahun gw perang dingin dengan ortu mengenai masalah pasangan..
    Buat gw saat itu, ortu memang terlihat cerewet sekali.. apalagi mama !!

    terlihat mama sesekali menangis di depan gw sendiri.. dan gw hanya melihat saja.. Jahat ? Ya, gw merasa demikian..

    Tapi selama bertahun-tahun itu juga, gw belajar menggali makna hidup, apa arti cinta, makna pacaran itu seperti apa.. Banyak hal yang mendewasakan pikiran gw.. Gw bersyukur boleh melewati itu semua dan tak ada penyesalan..

    Orang tua menginginkan hal yang terbaik boleh terjadi di setiap anak2nya.. Kasih sayang mereka, walau mereka tidak meminta kita untuk mengingatnya.. Tapi, anak mana yang akan melupakan cinta kasih mereka ??

    Akhirnya, berakhir sudah hubungan itu karena suatu hal..
    Gw mensyukuri apa yang dah gw dapat sekarang aja..

    Kok gw jadi curhat ya.. siplah.. semangat !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangaat selaluuu (ini late respond banget yaa uda 3 th)

      Delete