18.10.12

Tanda Salib


saat setelah berdoa sebelum makan tadi tiba tiba terbersit dalam pikiran saya ingin menulis tentang tanda salib. masih sangat banyak diantara kita yang tidak mengerti sikap yang benar dalam membuat tanda salib bahkan makna nya sendiripun ga tau..kebanyakan ya asal gerak dan ikut ikut sebelah aja gitu.. banyak pula mungkin diantara teman teman saya yang bertanya itu lagi ngapain sih, apa sih maksudnya..

berikut penjelasan singkat yang mungkin bisa saya paparkan sepengetahuan saya..

salib adalah simbol kemenangan bagi umat kristiani. dengan tanda salib kita mengingat kembali secara istimewa hidup, wafat dan bangkitnya Yesus Kristus (http://www.imankatolik.or.id/tandasalib.html)

ada berbagai POSISI/SIKAP TANGAN dan MAKNANYA

pada gereja barat(katolik roma), armenia dan ethiopia membuat tanda salib dengan tangan kanan dan 5 jari. kelima jari ini merubakan lambang dari 5 luka kristus (luka pada kaki, tangan, kepala, lambung yang di hunus tombak dan luka cambuk terutama punggung).

gereja katolik timur dan ortodox membuat tanda salib dengan menyatukan ibujari, telunjuk dan jari tengah sebagai lambang trinitas dan 2 jari sisanya melekan pada telapak tangan melambangkan kodrat kemanusiawian dan keilahian Yesus..

tanda salib itu bukan cuma bentuk gerakan tubuh sebelum doa aja lhoo tapi ada artinya. berikut arti dari masing masing gerakannya

DEMI NAMA BAPA (di dahi)
menandakan bahwa Allah Bapa merencanakan, menciptakan dan menyelenggarakan segala sesuatunya.
otak adalah pusat segalanya, otak tempat kita berfikir, merencanakan.

DAN PUTERA(di pusar)
tali pusar merupakan tali kehidupan yang menyambung antara ibu dan anak, disinilah janin dapat memperoleh makanan dan curahan kehidupan. dan yesus lahir untuk menyelamatkan manusia dan karnanya itu dimulai sejali kita masih berupa janin.

DAN ROH KUDUS (horizontal di dada dari kiri ke kanan)
artinya dari kesengsaraan (kiri) kita harus menyeberang menuju kemuliaan (kanan), sama seperti Kristus menyeberang dari kematian menuju kehidupan, dan dari Hades ke Surga, dan kita dari kejahatan menuju kebaikan

"Dengan tanda salib tubuh kita telah dimeterai dan disucikan oleh Allah. Dalam segala kegiatan kita : sewaktu kita tidur, kita belajar, kita bekerja, kita melakukan pelayanan, kita makan, kita susah, kita senang, kita tertawa, kita menangis. Jika kita senantiasa membuat tanda salib itu berarti kita mengundang Allah Tri Tunggal untuk menjagai, melindungi kita sehingga kita tidak melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan kehendak Bapa. -Pastor John Lefthew, MSC"

hmm segitu dulu tentang tanda salib nya.. besok dilanjutkan dengan kapan saja kita harus membuat tanda salib dalam perayaan ekaristi. :) thanks for reading

2 comments: