2.4.12

PENGALAMAN PANTANG DAN PUASA

well selamat memasuki pekan suci.. ga terasa udah hampir 40 hari gue berpantang sama yang namanya daging.. daging menurut gue ituu yaa daging ayam, daging merah..
ikan adalah ikan dan selamanya akan menjadi ikan, bukan daging hahahahahaha.. jadi ikan tempe, ikan tahu, ikan ayam sama ikan sapi, ga di pantang (dikampung orang bilang lauk=ikan) hahahahah.. ga lucu --"

kenapa sih gue berpantang dan bepuasa? di agama gue, katolik puasa dan pantang artinya tanda pertobatan, penyangkalan diri dan tanda mempersatukan sedikit pengorbanan dengan pengorbanan Yesus dikayu salib. kalo di bandingin ya ga sebanding lah ya sama pengorbanan Yesus yang wafat di kayu salib.

sebenarnya puasa yang wajib itu cuma 2 kali, yaitu rabu abu dan jumat agung. puasanya juga ga berat kok, yaitu makan kenyang 1 kali, maksudnya ya bukan seharian makan cuma sekali, tapi boleh makan tapi jangan sampai kenyang, no ngemil ngemil dan tetap dalam kesederhanaan.
tapi puasa itu bisa di atur sendiri mau seperti apa agar lebih terasa niat pertobatannya. biasanya aku mengikuti cara puasa temanku yang beragama muslim, its no problem..

"Karena begitu ringannya, kewajiban berpuasa dan berpantang,
sesuai dengan semangat tobat yang hendak dibangun,
umat beriman, baik secara pribadi, keluarga, atau pun kelompok,
dianjurkan untuk menetapkan cara berpuasa dan berpantang yang lebih berat." http://www.imankatolik.or.id/pantang-dan-puasa.html


pantang pun yang wajib hari jumat selama masa prapaskah, namun kalo mau lebih berat dan berasa ya selama 40 hari kecuali hari minggu.. nah gue mengambil keputusan untuk pantang 40 hari dan itu bueeeraaaatnyaaaa..

(FYI, sebenarnya umat katolik wajib berpantang setiap hari jumat sepanjang tahun, tapi masih sedikit sekali orang yang mengetahui hal ini..)


kenapa pilih daging?

sebenernya gue juga bingung kenapa gue milih daging, padahal makan daging juga jarang, sedangkan pantang itu harus terhadap hal yang kita suka, ga sebatas makanan aja, tapi termasuk juga rokok, marah, gosip, jajan.. dan hal hal yang sulit kita hindari..

jarang makan daging so ringan dong 40 hari?

beeeuuuuuuuuh.... siape bilaaaaang. gue bisa gila nahannya, dari yang jarang makan daging tiba tiba banyaaak banget tawaran makan gratis atau jalan jalan sama temen yang makananannya daging.
dari mulai makan MIE AYAM KARANG TENGAH yang dari dulu gue penasaran banget sama rasanya, gue harus menyingkirkan daging dari mienya. batal ga sih? ga tau yah yang penting makan lahap deh T.T
terus gue sempet bantu FTI isi borang akreditasi. makanan hari pertama gue bersyukur isinya udang, UDANG is NOT beef ;) itu pegangan hidup gue, hahaha.. tapi hari berikutnya makanannya rendaaaaaaaang.. hari berikutnya ayaaaam.. lalu Mekdi (baca mcd). OH MY JESUS CHRIST.
cuma bisa nelen ludah dan menahan nya, hahahaha..

masih banyak hal lain yang bikin gue rela ga makan daripada gue harus batal pantang daging..
tapi ada juga keceplosannya.. malam itu nyokap gue bawa pulang hokb3n, tanpa basa basi gue sikat abis.. pas uda sampe setengah gue inget kalo gue pantaaaaangg.. terus gue panik dan ngadu pacar yang kebetulan lagi nongolin muka di skype.. dan katanya "udah makan dan habisin, itu rejeki dari Tuhan, masa mau di buang, banyak di luar sana yang ga bisa makan" so gue lanjutkan. bener juga. pantang itu kan gunanya juga menyisihkan milik kita dan membaginya pada orang lain, kalo makanan yang terlanjur gue makan dan gue buang namanya gue bukan berbagi tapi bikin mereka diluar sana yang ga bisa makan makin sengsara..

seruu seru banget. siapa bilang puasa dan pantang itu mudah.. kalo cuma di liat emang rasanya gampang banget, tapi kalo uda di jalanin rasanyaa beuuh... semua bau makanan dari segala penjuru bisa dicium sama indra penciuman dari radius 3kilometer *walau agak lebai*.. TAPI DISITU ADALAH KESERUANNYA... kalo ga ada cobaan dan tantangan mah ga seru pantangnya..

tahun depan gue pantang apa yaa.. hmm..
pantang ngetweet bisa kali ya :p

No comments:

Post a Comment